Selasa, 23 Mei 2023

Oleh oleh khas pangandaran

 

1. Sale Pisang Pangandaran

Sale pisang gulung atau dikenal juga dengan sale roll dibuat dari bahan baku pisang rajasiyem. Bahan lainnya meliputi tepung dan minyak goreng. Pembuatannya cukup mudah dan bisa dipraktekkan sendiri di rumah dengan menggunakan pisang jenis lain seperti pisang raja atau pisang ambon.Pada mulanya pisang dikupas dari kulitnya, lalu diiris tipis memanjang dengan panjang kurang lebih 8 cm. Pisang hasil irisan ditata dalam nampan yang lebar dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Lama penjemuran bisa memakan waktu beberapa hari menyesuaikan intensitas panas sinar matahari.Jika sudah kering, pisang dilumuri adonan tepung baru digoreng dalam minyak yang sudah didihkan. Warna yang dihasilkan coklat kekuningan dengan rasa manis legit. Semakin matang pisang, semakin legit rasa salenya.

2. Ikan Asin Jambal Roti

Oleh-oleh khas Pangandaran yang populer lainnya adalah ikan asin jambal roti. Ikan ini cocok dimasak dengan berbagai olahan masakan, atau bisa juga sebagai campuran dalam berbagai menu masakan. Harga ikan ini menyesuaikan stok yang tersedia di pasaran. Semakin banyak stok, semakin murah pula harganya.

Rasanya sangat gurih dan enak. Selain itu, kandungan proteinnya juga tinggi sehingga menambah nutrisi untuk tubuh. Tekstur dagingnya yang lembut dan tebal membuatnya nikmat dikonsumsi sebagai lauk pauk.


3. Gula Merah

Produksi gula merah sangat melimpah di Pangandaran. Sebagian besar warga Pangandaran menjadikan pembuatan gula merah sebagai mata pencaharian mereka. Kebun dan tanah mereka banyak ditanami dengan pohon kelapa yang dideres untuk diambil air niranya. Nira merupakan cairan yang didapat dari bunga tumbuhan tertentu contohnya kelapa.Selain kelapa, adapula pohon aren atau kawung yang ditanam warga. Pohon ini juga menghasilkan nira untuk diolah menjadi gula merah. Rasanya yang nikmat dan memiliki berbagai khasiat untuk tubuh.

Gula merah cocok digunakan untuk membuat minuman segar dan masakan enak. Manis alami yang dihasilkan semakin membuat olahan makanan maupun minuman terasa sedap dan beraroma harum. Gula merah Pangandaran juga memiliki daya tahan yang awet sehingga bisa dikonsumsi untuk waktu yang lama.

4. Noga Kelapa

Olahan dengan cita rasa khas Pangandaran keempat adalah noga kelapa. Komoditas kelapa yang melimpah di Pangandaran membuat warganya kreatif dalam membuat panganan yang enak dan bentuk-bentuk yang unik. Noga kelapa ini salah satunya.Bahan utamanya kelapa dan jahe. Rasa jahe yang mantap dengan aroma yang harum semakin memberi kehangatan pada badan. Cara pembuatan dengan menyiapkan parutan kelapa lalu dicampurkan dengan jahe secukupnya kemudian ditambah gula supaya semakin legit dan manis.Warnanya coklat dengan bintik putih dengan varian wijen atau kacang yang diulen bersama adonan. Bentuknya pipih dan dilipat melengkung. Noga kelapa sangat mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Pangandaran dengan harga terjangkau.

5. Ikan Teri

Hasil laut yang juga banyak ditemukan di Pangandaran adalah ikan teri. Kandungan gizi yang melimpah meliputi protein dan berbagai kandungan lain membuatnya laris dibeli di pasaran. Ikan teri ini dibuat oleh warga dengan cara alami dan proses yang higienis. Selain itu proses pengemasan juga dilakukan dengan baik sehingga tidak menimbulkan bau amis saat dibawa.

Pembuatannya tanpa bahan pengawet, meskipun demikian ikan teri khas Pangandaran sangat awet dan bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Harga per kilonya menyesuaikan kualitas yang ditawarkan.Ikan teri ini bisa dimasak dalam beragam jenis menu. Bisa untuk tambahan mengolah sayur maupun diolah sebagai lauk. Bahkan bisa juga dibuat peyek untuk camilan.


6. Keripik Cau

Keripik pisang yang dalam istilah daerah sekitar dikenal dengan karipik cau sudah pasti bahan utamanya adalah pisang. Pisang yang digunakan adalah pisang kepok asli Pangandaran. Cita rasa khas Pangandaran akan terasa setelah menyandap keripik ini.Pisang kepok khas Pangandaran dipilih dari pisang dengan kualitas terbaik. Selanjutnya pisang dikupas dan diiris tipis memanjang. 

Lalu dilumuri dengan bumbu tertentu untuk menambah rasa sedap dari pisang. Baru kemudian digoreng dalam minyak yang sudah didihkan.Rasanya berbeda dari kripik pisang yang lain. Ciri khas Pangandaran sangat menonjol dalam aroma dan rasanya. Keripik ini sangat cocok sebagai teman bersantai sore dengan keluarga di rumah.


7. Rengginang Terasi

Rengginang terasi atau dikenal dengan opak merupakan panganan yang dibuat dari beras ketan. Cara pembuatannya dengan menyampur beras ketan yang sudah direndam air dengan bumbu-bumbu khusus, kemudian diulen hingga dihasilkan tekstur yang kenyal dan padat. Selanjutnya dibentuk bulat tipis.

Adonan yang sudah dibentuk lalu dijemur di bawah matahari selama beberapa saat hingga kering. Setelah dipastikan cukup kering lalu digoreng dengan minyak panas. Baru rengginang terasi siap untuk disantap dengan keluarga tercinta.









0 komentar:

Posting Komentar